Kandang yang paling Cocok untuk Ayam Petelur

Kandang merupakan tempat berlindung bagi hewan ternak termasuk juga bagi ayam petelur.

Kandang bisa melindungi hewan ternak dari serangan hewan predator dan juga dari cuaca panas maupun hujan.

Dalam penentuan jenis kandang khususnya untuk ayam petelur, maka perlu di perhatikan faktor ekonomis dan efisiensi baik dari segi perawatan maupun biaya operasional.

Salah satu keuntungan penggunaan kandang baterai untuk ayam petelur adalah kemudahan untuk proses pemberian makana dan minum serta pengawasan terhadap kondisi ternak ayam petelur menjadi mudah.

Biasanya kandang jenis baterai didesain sedemikian rupa sehingga bisa memudahkan peternak dalam merawat, memberi makan, memanen telur dan membersihkan kandang setiap harinya.

Kandang yang paling Cocok untuk Ayam Petelur

Kandang baterai bisa terbuat dari bambu atau kawat anti karat dengan bentuk persegi panjang yang di susun seri memanjang layaknya baterai pada senter.

Untuk setiap kotak sangkar akan berisi 1-2 ayam petelur, sehingga dapat memudahkan pengawasan terhadap setiap ayam dalam kandang dan dapat segera mengantisipasi jikalau ada ayam yang terserang penyakit sehingga bisa segera diantisipasi dengan mengambil ayam yang sakit dan mengkarantinanya sehingga tidak menular ke ayam lainnya.

Untuk pembuatan kandang type baterai bisa dimulai dengan membuat kotak panjang sesuai kebutuhan kemudian di sekat hingga menjadi beberapa ruang.

Ukuran kandang ayam petelur

Ukuran untuk setiap ruang kandang baterai sekitar 40 cm panjang, lebarnya 40 cm dan tingginya 37 cm.

Untuk tingginya berbeda antara bagian depan dan bagian belakang, karena alas kandang haruslah di buat miring agar telur ayam dapat menggelinding kedepan sehingga memudahkan untuk memanen-nya.

Untuk bagian bawah kandang, anda bisa menggunakan bambu atau kawat ram, namun dianjurkan untuk menggunakan kawat ram agar lebih memudahkan untuk pembersihan kandang. Pasalnya, jika menggunakan bambu, kotoran ayam suka lengket dan sulit untuk di bersihkan.

Tempat pakan dan minum

Selanjutnya untuk tempat makan dan minumnya, anda bisa menggunakan pipa paralon yang di belah menjadi dua dan di pasang memanjang didepan kandang. Ini lebih praktis dan efisien sekaligus awet karena paralon mudah didapat.

Posisikan tempat pakan dan minum saling bersusun untuk memaksimalkan tempat. Jadi, tempat minum berupa paralon yang memanjang di depan kandang di letakan pada bagian atas sekitar setengah dari tinggi kandang.

Kemudian untuk tempat pakannya di letakan di bawahnya beri jarak keduanya sekiranya kepala ayam bisa dengan mudah mengakses makanan dan minuman yang disediakan.

Cara pemanenan telur

Bagian dasar kandang bagian depan, di beri celah lubang seukuran telur ayam agar telur dapat keluar dari dalam kandang dan mudah untuk diambil.

Telur akan menggelinding keluar melalui celah ini karena dasar kandang sudah di buat miring beebrapa derajat.

Akses keluar/masuk ayam

Untuk akses memasukan atau mengeluarkan ayam dari dalam kandang, bagian atas kandang dibuatkan pintu untuk memasukan atau mengambil ayam dari/ke dalam kandang.

Untuk memaksimalkan lahan, kandang baterai bisa di buat bertingkat seperti tangga. Sehingga lahan sempitpun bisa menampung banyak ayam petelur dengan metode kandang baterai ini.

Namun sebaiknya tingkatannya jangan terlalu tinggi karena akan menyulitkan anda nanti ketika memantau pakan atau mengambil telur untuk dipanen.

Jarak kandang dari lantai

Yang perlu diperhatikan adalah jarak atau tinggi kandang dari tanah yang baik adalah sekitar 1 M. hal ini untuk mencegah udara dingin yang bisa mempengaruhi kondisi ayam dan juga bau amoniak dari kotoran ayam yang terlalu dekat dengan posisi kandang ayam jika Ground Clearancenya kurang dari 1 Meter.

Jadi jika anda berencan untuk memulai usaha ayam petelur maka sebaiknya gunakan kandang jenis baterai agar memudahkan dalam pengoperasiannya kelak, karena Jenis Kandang yang paling cocok untuk ayam petelur adalah kandang Baterai. Semoga bermanfaat.