Ukuran kandang Burung Puyuh Petelur

Kandang Puyuh Petelur umumnya menggunakan ukuran panjang 1 meter, lebar 0.8 meter dan tinggi 0.3 meter.

Ukuran kandang ini bisa menampung puyuh petelur sebanyak 40 ekor, dan kandang bisa di buat bersusun hingga 5 tingkat untuk menghemat tempat.

Kandang puyuh petelur tidak jauh berbeda dengan kandang ayam petelur, kandang puyuh petelur bisa di buat dari bambu ataupun kawat. namun jika anda tidak mau repot, anda bisa juga membeli kandang yang sudah jadi.

Jika anda ingin membuatnya sendiri, anda bisa menggunakan kayu reng sebagai rangka kandang, kemudian kawat ram ukuran 1/2 inch untuk lantai kandang dan kawat ram ukuran 1 inchi intuk bagian dinding kandang khususnya bagian depan agar kepala puyuh bisa menyusup keluar untuk makan dan minum.

Jadi dengan ukuran kandang puyuh petelur tersebut, maka ketika anda ingin beternak 200 ekor puyuh, anda hanya membutuhkan 5 boks kandnag puyuh petelur yang disusun keatas, sangat hemat tempat bukan.

Untuk membuatnya, anda bisa langsung membuat kerangka kandang dengan ketinggian
30 cm x 5 = 150 cm ditambah jarak kandnag dari lantai yang ideal adalah 30 cm jadi ...
150 cm + 30 cm = 180 cm.

Jadi anda bisa membuat kerangka kandang dengan tinggi 180 - 200 cm kemudian beri sekat untuk di jadikan 5 ruang kandang yang saling bersusun.

kandang burung puyuh

Sebaiknya populasi puyuh setiap kandang disesuaikan dengan luas kandang, jangan terlalu padat yang membuat puyuh sulit bergerak namun jangan juga terlalu longgar yang membuat puyuh aktif bergerak karena dapat mempengaruhi produksi telurnya.

Jadi ukuran kandang burung puyuh petelur untuk setiap kandang bisa diisi 40 ekor diawal sembari di pantau perkembangannya apakah perlu di tambah populasinya atau di kurangi untuk setiap kandangnya.

Beternak puyuh memang memberi peluang penghasilan yang cukup menjanjikan. Sebab burung puyuh tidak hanya di konsumsi telurnya saja namun puyuh yang sudah afkir pun dapat bernilai komersil bagi peternak.

Tak heran jika banyak yang tertarik untuk memelihara puyuh, selain tidak membutuhkan tempat yang luas, kebutuhan akan telur puyuh pun semakin meningkat.

Demikianlah informasi tentang Ukuran kandang burung puyuh, semoga bermanfaat.