Perbedaan Kandang Hewan Ternak dan Kandang Hewan Peliharaan

Kebutuhan kandang bagi hewan ternak sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal terhadap ternak yang di pelihara.

Tujuan memelihara hewan ternak tentu beragam, mulai dari sekedar hobi, iseng, atau untuk mata pencaharian.

Dan berdasarkan tujuan tersebut maka kandang yang digunakan pun berbeda-beda. Kandang untuk hewan ternak tentu berbeda dengan kandang untuk hewan peliharaan.

Perbedaan Kandang Hewan Ternak dan Kandang Hewan Peliharaan

Perbedaan yang paling mendasar adalah dari tingkat kenyamanan hewan yang di pelihara.

Untuk kandang hewan ternak, khususnya unggas, maka ukuran kandang akan di maksimalkan semaksimal mungkin hingga kadang tampak hewan ternak seperti kesulitan bergerak dalam kandang.

Hal tersebut memang untuk membatasi pergerakan hewan ternak agar makanan yang di berikan dapat di serap sempurna menjadi daging dan tidak terbuang percuma karena hewan ternak terlalu aktif bergerak jikalau di berikan kandang berukuran sangat lapang dan luas.

Lain halnya untuk hewan peliharaan atau hewan hias, biasanya kandang yang di gunakan pun memperhatikan nilai eksotis dan memperhitungkan kenyamanan hewan peliharaan yang ada didalamnya.

Karena hewan peliharaan menjadi bagian hidup bagi pemiliknya dan tak jarang harganya pun sangat mahal sehingga harus di perhatikan betul segala keperluannya.

Kandang Hewan Peliharaan juga kadang harganya lumayan mahal karena di desain dan di bentuk sedemikian rupa sehingga memiliki nilai eksotis, seni dan sedap di pandang

Kalau Kandang hewan Ternak lebih menitik beratkan pada fungsi dan kemudahan pengoperasian terkhusus untuk urusan pemberian makan dan minum dan juga untuk panennya atau untuk mengambil hasil dari hewan ternak tersebut seperti telur atau susu jika ternak sapi.

Kandang yang terlalu luas akan membuat hewan ternak aktif bergerak kesana kemari, hal ini dapat membuat makanan yang di konsumsi menjadi energi yang akan terbuang, sehingga tubih hewan ternak cenderung kecil namun dagingnya lebih padat.

Sedangkan jika kandang hewan ternak di buat kecil dengan menyisakan sedikit ruang gerak bagi ternak, maka makanan yang di berikan akan mejadi daging sehingga tubuh hewan ternak akan terlihat besar, dan ini sangat menguntungkan dari angka Rasio pakan yang di berikan terhadap pembentukan pertumbuhan hewan ternak.

Begitulah kira-kira mengenai perbedaan kandang hewan ternak dan kandang hewan peliharaan, Semoga bermanfaat.