Kandang yang cocok untuk Penggemukan Kambing

Kandang Kambing Panggung sangat cocok untuk Penggemukan Kambing

Beternak memiliki beragam tujuan hasil akhir yang ingin dicapai. Ada yang beternak untuk mendapatkan hasil berupa telur ada juga yang beternak untuk mendapatkan hasil berupa daging.

Usaha penggemukan kambing banyak diminati karena relatif mudah baik dari segi perawatan maupun penjualan.

Untuk memulai usaha penggemukan kambing maka yang pertama yang harus disiapkan adalah kandang.

Banyak jenis type kandang kambing yang ada, namun untuk penggemukan sebaiknya lebih memilih model kandang panggung.

Model kandang panggung adalah model kandang yang tidak bersentuhan langsung dengan tanah layaknya sebuah panggung konser yang biasa kita lihat.

Kandang di topang beberapa pilar penyangga sehingga kandang berada sekitar 70-100 Cm dari permukaan tanah.

Pilar penyangga bisa menggunakan kayu atau semen cor agar lebih kokoh dan tahan lama. Kemudian ketinggian lantai kandang ke atap sekitar 180 Cm. Atap bisa menggunakan Rumbia atau bahan lain yang bisa menahan panas.

Dengan menggunakan model kandang panggung maka kebersihan hewan ternak lebih terjaga sehingga kesehatannya pun lebih baik.

Kotoran hewan akan jatuh ketanah di bawahnya melalui lantai yang dibuat dari bambu yang disusun sedemikian rupa sehingga menyisakan celah-celah yang memungkinkan kotoran kambing dapat jatuh ketanah.

Untuk itu, ketika membangun kandang panggung untuk kambing maka jarak antar setiap bambu pada lantai kandang harus disusun sedemikian rupa agar kotoran kambing tidak tersangkut di lantai kandang yang bisa menjadi sumber penyakit bagi kambing.

Dengan begini maka proses pembersihan kandang akan menjadi mudah dan kandang tempat kambing relatif lebih bersih.

Selain menggunakan bambu, lantai kandang bisa juga menggunakan kayu. Tergantung yang mana yang lebih mudah dan murah yang dapat di temukan didaerah anda.

Yang penting bahan yang di gunakan cukup kuat untuk menahan beban kambing sehingga selama pemeliharaan, anda tidak di repotkan dengan urusan merenovasi/memperbaiki kandang yang rusak akibat di tendang kambing.

Untuk bagian lantai di bawah kandang bisa anda semen dengan derajat kemiringan yang cukup agar kotoran yang jatuh mudah di bersihkan dan di kumpulkan untuk kemudian diolah menjadi pupuk.