7 jenis kandang berdasarkan fungsinya

jenis kandang berdasarkan fungsinya

Kandang menjadi salah satu sarana yang harus di siapkan dan di rencanakan dengan matang agar usaha peternakan yang akan dirintis bisa berjalan dengan lancar.

Berdasarkan fungsinya, kandang terbagi dalam beberapa jenis agar dapat memaksimalkan perawatan hewan ternak untuk hasil yang terbaik.

7 jenis kandang berdasarkan fungsinya


1. Kandang Karantina

Kandang ini di persiapkan untuk menampung hewan ternak yang baru datang untuk di periksa kondisi kesehatannya.

2. Kandang Isolasi

Adalah kandang yang dibuat sebagai tempat mengisolasi hewan ternak yang mengalami gangguan kesehatan yang perlu menjalani perawatan kesehatan agar tidak menular ke hewan ternak lainnya.

3. Kandang Pembibitan

Adalah jenis kandang yang di gunakan untuk memelihara indukan atau calon indukan yang akan menghasilkan anak untuk dijadikan bibit. Desain kandang pembibitan di sesuaikan dengan program proses kawin yang akan dilakukan, apakah menggunakan kandang individu atau kandang koloni.

4. Kandang Perkembang-biakan

Kandang ini berfungsi sebagai tempat indukan yang bunting dan sudah mendekati waktu beranak. Hewan ternak akan berada dalam perawatandi dalam kandang ini hingga anak sapi yang baru lahir tidak lagi bergantung pada induknya untuk menyusu.

Kandang ini dapat melindungi anak sapi/kambing dari gangguan ternak dewasa, sehingga keselamatan dan keberlangsungan hidupnya lebih terjaga.

5. Kandang Pembesaran

Kandang ini di gunakan untuk membesarkan anak sapi atau kambing yang sudah di sapih hingga hewan ternak berumur dewasa/produktif.

6. Kandang Penggemukan

Adalah kandang khusus untuk meningkatkan bobot sapi ternak hingga memenuhi standart yang diinginkan oleh pasar. Proses penggemukan sapi bisa berlangsung selama 3-5 bulan. Lamanya waktu penggemukan tergantung dari kondisi ternak, umur ternak dan bobot awal sapi ternak yang dijadikan bibit dan kandungan gizi dari ransum yang di berikan.

7. Kandang Pejantan


Kandang ini khusus untuk memelihara hewan ternak sapi jantan yang akan dijadikan pemacek atau bibit sapi untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas, tahan dari penyakit dan memiliki pertumbuhan yang cepat. Pemberian pakan yang baik menjadi faktor penting untuk menghasilkan pejantan berkualitas.