Ukuran kandang ayam petelur

Ukuran kandang ayam petelur

Pilhan kandang untuk ayam petelur umunya adalah kandang sistem baterai. Sistem kandang baterai dapat memudahkan peternak dalam memanen telur yang dihasilkan dan juga memudahkan pemberian pakan serta minum pada ternak ayam.

Peluang usaha ayam petelur memang sangat menjanjikan mengingat telur merupakan jenis lauk yang banyak diminati dan juga menjadi bahan berbagai jenis masakan.

Oleh karenanya, tak mengherankan jika banyak yang berminat untuk memulai usaha ternak ayam petelur.

Namun bagi peternak pemula yang ingin merintis usaha ternak ayam petelur terkadang masih kebingungan khususnya mengenai ukuran kandang ayam petelur yang ideal sehingga bisa memaksimalkan luas kandang yang ada.

Karena kandang sangat berpengaruh penting dalam menentukan keberhasilan usaha ternak maka perlu di perhatikan semua detail termasuk ukuran kandang yang akan di bangun.

Ukuran kandang ayam petelur

Kandang ayam petelur di buat memanjang dengan sekat-sekat didalamnya. Panjang kandang menyesuaikan ukuran lahan yang tersedia. Sedangkan untuk ukuran sekat setaip kandangnya sendiri kurang lebih memiliki panjang 49 cm dan lebar 40 cm dengan ketinggian pada bagian depan kandang sekitar 40 cm dan belakang kandang 35 cm. Alas kandang dibuat miring agar telur dapat menggelinding ke depan sehingga mempermudah proses panen.

Posisi kandang baterai dibuat modedl panggung dengan jarak kandang dari lantai sekitar 1-1.5 meter untuk memudahkan proses pembersihan kotoran ayam yang jatuh kelantai dan juga memperlancar sirkulasi udara melewati kandang.

Kandang baterai bisa dibuat bersusun menjadi 2 – 3 tingkat dengan posisi setiap baris kandang agak bergeser kebelakang menyerupai tangga. Hal ini bertujuan agar kotoran ayam di bagain atas tidak jatuh ke ayam di kandang yang ada pada bagian bawah.

Kandang ayam petelur bisa menggunakan bahan bambu, kayu, kawat ram atau besi, tergantung pertimbnagan ekonomis dan daya tahan serta ketersedian bahan di sekitar kandang.

Kandang bambu dan kayu memang labih murah namun memiliki umur pakai yang relatif singkat dibanding kandang besi tapi perawatan dan perbaikannya lebih mudah dan murah.

Sedangkan kandang besi bisa dipesan sehingga lebih praktis dan mempermudah pengadaan kandang namun biayanya relatif lebih mahal daripada kandang kayu atau bambu.

Jadi pemilihan bahan pembuat kandang juga harus di perhatikan. Demikian lah informasi tentang ukurann kandang ayam petelur yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat.