Kelebihan dan kekurangan kandang Baterai

Meskupin di Eropa sana kandang baterai mulai ditinggalkan karena dianggap tidak ramah terhadap hewan ternak (animal welfare). Tapi di Negara kita masih banyak peternak yang memilih kandang baterai untuk menangkarkan ternaknya khususnya untuk jenis unggas petelur seperi ayam petelur atau burung puyuh petelur.

Hal ini dikarenakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki kandang baterai, sedikit banyak memudahkan kerja peternak dan memaksimalkan hasil panen. Jadi apa sajakah kelebihan dan kekurangan kandang baterai.

Kelebihan Kandang Baterai

1. Mudah dibersihkan
2. Telur hasil produksi relatif bersih dan mudah dikumpulkan
3. Mudah memantau kondisi hewan ternak. Jika ada yang sakit, mudah terpantau dan bisa segera dipisahkan.
4. Mudah memantau tingkat produksi dari setiap hewan ternak yang dipelihara.
5. Dapat meminimalisir ternak terluka karena sifat kanibalisme hewan ternak yang dapat mengakibatkan stress dan menurunkan produktifitas.
6. Energi hewan ternak tidak banyak terbuang karena pergerakannya sempit
7. Pengontrolan terhadap jumlah pakan yang dihabiskan dapat mudah dilakukan dan di evaluasi untuk peningkatan produksi.

Kekurangan Kandang Baterai

1. Tidak ramah ternak
2. Hewan ternak rawan mengalami kelumpuhan
3. Investasi awal untuk pembuatan kandang relatif tinggi.
4. Pembersihan kandang harus dilakukan secara rutin dan tepat waktu karena kalau sampai telat, bau menyengat kotoran ternak akan mengundang lalat dan mengganggu lingkungan sekitar.

Itulah kelebihan dan kekurangan kandang baterai. Di negara maju, jenis kandang ini mulai ditinggalkan tapi harus diakui bahwasanya untuk sementara ini, nilai produktifitas kandang baterai lebih tinggi dibanding kandang umbaran. Karena hewan ternak dalam kandang tidak banyak bergerak. Kerjanya hanya makan-nelur-nelek-makan-nelur-nelek-bubuk, di repeat setiap hari hingga afkir.

Kalau di kandang umbaran, ayam ada aktifitas lain kesana-kemari kadang mungkin sampai sempat ribut dan bikin kerusuhan di dalam kandang. Dan ini sangat tidak efisien. Tugas bertelurnya jadi terbengkalai karena ayam malah sibuk nggosip.