Syarat kandang yang baik untuk beternak Puyuh

Burung puyuh adalah salah satu jenis unggas yang banyak di budidaya untuk mendapatkan telurnya.

Kandang untuk beternak burung puyuh relatif lebih kecil dari pada kandang ayam petelur. Karena ukuran burung puyuh yang kecil maka ukuran kandang pun menyesuaikan bentuk tubuhnya.

Kandang burung puyuh harus memenuhi syarat agar hasil telurnya bisa maksimal dan usaha peternakan bisa berjalan lancar.

Berikut syarat kandang yang baik untuk beternak puyuh:

1. Lokasi kandang burung puyuh sebaiknya tidak terlalu ramai dan terlalu dekat dengan pemukiman penduduk. Burung puyuh termasuk hewan yang sensitif dan peka terhadap suara bising yang bis amembuatnya stress. Jika burung puyuh stress, maka produktifitasnya pun menurun dan telur yang dihasilkan berkurang. Lebih bahaya lagi kalau sampai burung puyuh tidak napsu makan dan kemudian mati, maka kerugian akan semakin banyak.

Lokasi kandang juga sebaiknya tidak terlalu dekat dengan pemukiman penduduk. Hal ini dikarenakan aroma dari kandang bisa mengganggu warga sekitar dan juga aktifitas warga yang beragam bisa mengganggu ketenangan puyuh. Kadang ada warga yang suka dangdutan pagi hari atau karaokean malam harinya, belum lagi kendaraan warga riwa-riwi kesana kemari, akan mengganggu ketenangan burung puyuh.

Keharmonisan dalam lingkungan kandang harus dijaga agar hasil telur bisa maksimal dan usaha peternakan berjalan lancar.

2. Sirkulasi udara yang baik menjadi syarat kandang untuk beternak puyuh. Sirkulasi udara yang baik akan menciptakan suasansa kandang yang sehat dan membebaskan kandang dari kemungkinan munculnya hama dan bibit penyakit.

Sirkulasi kandang yang baik ktidak hanya berguna bagi hewan ternak tapi bagi peternak yang juga beraktifitas dalam kandang ketika memberi pakan dan membersihkan kandang.

3. Faktor keamanan juga penting diperhatikan sebagai syarat kandang puyuh yang baik. Aman dari predator pengganggu yang akan memakan telur puyuh atau memangsa burung puyuh. Hal ini bisa di antisipasi dengan membuat dinding rumah kandang dari bahan yang kuat dan tidak mudah di tembus hewan pengganggu.

4. Syarat kandanng puyuh yang baik salanjutnya adalah memiliki akses yang cukup baik. Hal ini untuk mobilisasi bahan pakan ternak dan hasil panen. Jangan karena mencari tempat yang aman, jauh dari keramaian trus lokasi kandang jauh dari akses jalan dan sangat sulit dijangkau.

Lokasi kandang tetap harus bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor dan tidak terlalu jauh dari peradaban. Harus di perhitungkan sarana transportasi untuk menjangkau pusat penjualan pakan ternak dan pusat penjualan hasil panen.

Meskipun untuk urusan penjualan terkadang sudah ada mitra bisnis yang siap mengambilnya lengsung ke kandang, tapi kalau posisinya sulit dijangkau akan mengurangi daya saing usaha kita dengan peternak lainnya.

5. Syarat kandang puyuh yang baik berikutnya adalah kemudahan akses terhadap sumber air. Beternak puyuh atau beternak pada umumnya sangat membutuhkan pasokan air yang melimpah, stabil dan tidak tercemar. Keperluan air sangat tinggi dalam sebuah kandang. Selain untuk sumber minuman bagi ternak, air juga di butuhkan untuk membersihkan kandang serta perlengkapan kandang setiap harinya. Sumber air bisa dari sumur, kali atau air PDAM. Tapi kalau pakai air PDAM harus benar-benar dihitung konsumsi penggunaan airnya, jangan sampai hasil panen hanya untuk bayar tagihan air.

6. Posisi kandang puyuh, usahakan jangan terlalu dekat dengan kandang ternak unggas lainnya dan jangan juga menggunakan kandang bekas unggas lain. Karena burung puyuh ini termasuk hewan yang sensitif terhadap suara ribut-ribut maka sebaiknya posisi kandang tidak terlalu dekat dengan ternakan unggas lain termasuk juga sarang walet. Suara sound sistem sarang walet mungkin bisa mengganggu kenyamanan puyuh dan membuatnya enggan bertelur.

7. Syarat kandang yang baik untuk burung puyuh berikutnya adalah terkait suhu atau temperatur ruangan kandang. Suhu ideal burung puyuh untuk dapat bertelur adalah antara 20-25 derajat celcius dengan tingkat kelembapan (rH) sekitar 30-80%. Suhu ideal ini sebisa mungkin di penuhi agar burung puyuh tidak mudah terserang penyakit dan produktifitasnya maksimal. Untuk memantau suhu kandang, anda bisa menggunakan alat yang bernama Thermohygrometer agar yang bisa dengan mudah di temukan di pasaran dengan harga terjangkau.

8. Konstruksi kandang yang baik untuk burung puyuh adalah berada sedikit tinggi diatas permukaan tanah. Kandang puyuh umumnya dibuat bertingkat, oleh karenanya, kandang bagian bawah haruslah beberapa centimeter dari tanah untuk mencegah hawa dingin dan lembab menerpa burung puyuh, khususnya yang berada di lapisan kandang paling bawah.

kandang puyuh

9. Bahan rumah kandanng dan bahan kandang harus di buat dengan bahan-bahan yang kuat namun bisa mudah didapatkan didaerah sekitar kandang. Jangan memaksakan menggunakan baja ringan jika daerah sekitar kandang sulit didapat. Tapi kalau modal cukup dan serius beternak burung puyuh, bolehlah mempersiapkan dan menyediakan dengan kandang dari bahan terbaik agar kandang awet dan tahan lama. Tapi kalau modal terbatas dan masih tahap awal (belajaran) beternak puyuh, sebaiknya gunakan bahan kandang yang murah namun relatif kuat. 

             Syarat kandang yang baik untuk beternak puyuh sebisa mungkin di penuhi untuk mendapatkan hasil maksimal dalam beternak puyuh.

Sebagai pemula dalam beternak puyuh memang tidak bisa mengadakan kandang yang ideal layaknya peternak bermodal besar. Tapi setidaknya dengan panduan informasi diatas, bisa di jadikan referensi iapa saja yang bisa disiapkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Syukur-syukur kalau usaha ternak berjalan lancar dan bisa membangun kandang modern system close house dengan perlatan dan perlengkapan canggih yang mengakomodasi keperluan burung puyuh. Semoga bermanfaat.