2 Type kandang portable untuk hewan kesayangan

Adakalanya, hewan peliharaan perlu untuk di bawa berpindah tempat yang agak jauh sehingga tidak mungkin untuk menggendong atau menggiringnya.

Dipasaran, pilihan kandang portable bermacam-macam, baik dari jenis, ukuran, bahan serta harga yang berbeda-beda.

Ada dua type pilihan kandang portable yang bisa disesuaikan dengan hewan peliharaan anda, diantaranya;

1. TYPE SOFT

Kandang portable type soft berbahan kain lembut atau EVA (etilena-vinil asetat) yang di bentuk menyerupai tas jinjing untuk bepergian.

Kandang jenis ini cocok untuk hewan peliharaan yang relative jinak seperti kelinci, kuncing, marmut dan semacamnya. Bagian dalam kandang terbuat dari bahan lembut berupa kain yang membuat hewan peliharaan tenang.

Desainnya di lengkapi pegangan tali yang bisa diatur panjangnya sehingga anda bisa membawanya dengan cara di tenteng atau di selempangkan di pundak.

Ketika tidak digunakan, kandang portable type soft ini bisa disimpan dank arena ukurannya yang compact maka tidak memakan tempat saat disimpan.

Tapi kandang type soft memiliki keterbatasan terkait jenis hewan piaraan yang bisa dibawa. Hewan piaraan yang agak berat dan sedikit buas seperti beberapa jenis anjing, tidak bisa dibawa dengan kandang ini.

Di sebagian transportasi umum seperti kereta dan bus, kemungkinan anda mendapat hambatan. Karena di beberapa Negara, pengelola transportasi umum mlebih menyarankan pemilik hewan peliharaan untuk menggunakan kandang type hard untuk mejaga kenyamanan sesama pengguna transportasi.

Selain itu perlu juga di perhatikan karakterisitik hewan peliharaan, apakah memiliki kebiasaan menggigit barang disekitarnya. Jika iya, maka kandang type soft sangat tidak direkomendasikan.

Kandang type soft sangat cocok digunakan untuk bepergian jarak dekat dan suhu cuaca tidak terlalu panas. Karena sebagian kandang portable type soft ini biasanya memiliki sirkulasi udara yang kurang baik sehingga cenderung panas. Tapi ada juga yang memiliki dinding yang terbuat dari kain seperti jaring sehingga sirkulasii udara sangat baik.

Faktor kebersihannya juga perlu di pertimbangkan, karena berbahan kain maka kandang type soft memerlukan waktu untuk membersihkan dan mengeringkannya.

kandang portable type soft


2. TYPE HARD

Kandang portable type hard terbuat dari material besi dan plastic sehingga memiliki konstruksi yang kokoh dan stabil.

Desain kandang type hard memiliki banyak sirkulasi udara dan bahan bodi kandang yang terbuat dari material plastic akan mudah di bersihkan sewaktu-waktu.

Kemudian pintu kandang biasanya terbuat dari trali besi sehingga kuat dan aman.

Hanya saja, kandang portable jenis ini biasanya tidak banyap pilihan membawanya, anda hanya bisa menjinjingnya sehingga agak melelahkan jika harus membawanya berjalan jauh. Kemudian karena konstruksinya yang kaku maka untuk menyimpannya saat tidak digunakan akan membutuhkan ruang yang agak banyak.

Kandang portable ini bisa digunakan untuk membawa beragam macam hewan peliharaan karena sangat kuat dan aman bagi hewan peliharaan yang agak berat dan mungkin bisa berbahaya bagi orang lain atau untuk hewan jinak pun bisa digunakan.

kandang portable


Itulah type kandang portablel yang bisa digunakan ketika sewaktu-waktu perlu membawa hewan peliharaan kesuatu tempat misalnya ke klinik untuk general check-up atau perawatan ke salon atau saat ingin berkunjung kerumah kerabat yang agak jauh.

Beberapa type kandang portable telah dilengkapi fasilitas untuk meletakan makanan dan minuman untuk kebutuhan hewan peliharaan selama perjalanan. Semoga bermanfaat.