3 HAL PENTING yang menjadi perhatian utama ketika membangun Kandang

bikin kandang

Membangun sebuah kandang untuk hewan ternak, sebisa mungkin memperhatikan segala sesuatunya. Dengan perencanaan yang baik, diharapkan produksi ternak akan maksimal dan pengelolaannya tidak menyulitkan bagi peternak.

Selain ukuran kandang, ada hal penting yang harus dijadikan acuan dasar ketika ingin membangun kandang ternak.

3 HAL PENTING yang bisa menjadi perhatian utama ketika akan membangun Kandang :

#1 Ventilasi

Aliran udara yang keluar masuk kandang harus bisa mengalir sempurna tanpa hambatan. Hal ini di perlukan untuk mensirkulasikan udara kotor yang bercampur amoniak dari dalam kandang berganti dengan udara segar dari luar kandang.

Pada system kandang Close House, sangat penting untuk memperhitungkan penggunaan blower agar sirkulasi udara dari dan ke dalam kandang lancar.

Rencanakan dengan baik posisi Ventilasi yang tepat agar pertukaran udara bisa terjadi maksimal.


#2 Sinar Matahari

Sinar matahari sangat penting bagi mahluk hidup termasuk hewan ternak. Sinar matahari pagi yang mengandung ultra violet dapat berfungsi sebagai desinfektan alami bagi kuman yang ada dalam kandang.

Selain itu, sinar matahari pagi juga sangat baik bagi ternak dalam hal kecukupan kebutuhan vitamin D dalam tubuh ternak.


#3 Arah Kandang

Berdasarkan acuan nomor 2 maka arah kandang perlu di perhatikan. Upayakan agar kandang dapat di buat mengahdap ke timur sehingga sinar matahari pagi dapat masuk ke kekandang.

Perhatikan juga arah tiupan angin yang menerpa kandang. Untuk meminimalisir dampak hembusan angin yang mungkin bisa mengganggu kenyamanan hewan ternak maka bisa di tanggulangi dengan menanam pohon pelindung di sekitar kandang. 

Pohon pisang atau pohon pepaya bisa di jadikan pilihan tanaman di sekitar kandang.selain bisa melindungi ternak dari hembusan angin juga bisa bermanfaat untuk di ambil buahnya.


Itulah 3 hal penting yang bisa menjadi patokan/acuan Dasar ketika membangun Kandang.

Namun meskipun penting akan tetapi tidak perlu terlalu dipaksakan jika situasi dan kondisinya tidak memungkinkan.

Hanya sekedar sebagai panduan/acuan biar tidak bingung saat ingin membangun kandang untuk hewan ternak. Semoga bermanfaat.