Perlengkapan kandang burung puyuh petelur

Sebuah kandang yang baik untuk burung puyuh, harus dilengkapi perlengkapan yang dapat menunjang kehidupan ternak burung puyuh di dalam kandang.

Perlengkapan standart untuk kandang adalah wadah tempat makanan dan minuman. Kedua bnda ini wajib ada pada kandang, selain berguna untuk menempatkan makanan dan minuman, juga berguna untuk menentukan takaran yang pas untuk pemberian pakan pada ternak.

1. Tempat pakan burung puyuh

Untuk tempat pakan burung puyuh, sebaiknya menggunakan tempat pakan yang didesain khusus dan sesuai dengan karakteristik serta ukuran burung puyuh. Hal ini bertujuan agar pakan yang diberikan tidak banyak terbuang dan dapat mengurangi efisiensi pengeluaran biaya pembelian pakan.

Desain bentuk tempat pakan burung puyuh sedikit berbeda jika dibanding dengan tempat pakan unggas petelur lainnya. Tempat makanan burung puyuh didesain seperti corong yang pada bagian alasnya berada didalam kandang sedangkan corong untuk memasukan stok pakan berada diluar kandang.

Desain seperti ini sangat efisien dan mempermudah peternak dalam memberi makan pada puyuh petelur.

Pada bagian atas corong, bisa ditutup untuk menghindari kontaminasi dari benda asing yang dapat merusak pakan dan juga dapat melindungi pakan dari hewan liar yang mungkin berada dalam kandang.

Tempat pakan untuk burung puyuh bisa dibuat sendiri menggunakan tripleks atau beli yang sudah jadi berbahan plastik.

tempat pakan puyuh


2. Tempat minum burung puyuh

Tempat minum khusus butung puyuh, bisa di beli di toko perlengkapan hewan ternak dengan harga terjangkau. Tempat minum burung puyuh terbuat dari bahan plastik dan memiliki mekanisme khusus berupa nipple untuk saluran keluar air yang memungkinkan air minum dapat keluar setetes demi setetes.

Pemilihan bahan plastik akan memudahkan peternak ketika harus membersihkan wadah minum secara berkala.

Kebanyakan umumnya peternak puyuh memilih menggunakan wadah minum berupa mangkuk di setiap kandang sedangkan suplai airnya di salurkan melalui pipa paralon yang ber sumber dari tandon berukuran besar agar mempermudah memantau dan memastikan ketersediaan air minum bagi puyuh.

Perlengkapan kandang burung puyuh petelur


3. Lampu kandang

Lampu di perlukan untuk kandang puyuh untuk memastikan mereka mendapatkan lingkugan yang hangat dan merasa nyaman. Kapasitas lampu disesuaikan dengan suhu lingkungan sekitar kandang, biasanya antara 40-60 watt.

4. Blower

Untuk kandang type tertutup, maka keberadaan blower sangat penting untuk memastikan sirkulasi udara dalam kandang berjalan dengan baik. Blower juga dapat membantu menurunkan suhu ruang pada kandang close house.