Tips memilih kandang kelinci yang bagus

Ketika memelihara kelinci, pemilihan kandang adalah satu hal yang penting. Kandang yang mudah di bersihkan dan nyaman untuk kelinci pel;iharaan adalah salah satu syarat yang harus di penuhi.

Jangan hanya melihat tampilan kandang yang bagus saja namun harus di pastikan kalinci peliharaan nyaman berada didalamnya dan kita pun mudah membersihkannya.

Pilihan kandang kelinci sangat banyak ragamnya, ukurannya pun bermacam-macam. Ada yang besar ukurannya dan ada juga yang tidak terlalu besar namun kelinci nyaman beristirahat didalamnya.

Kandang kelinci bisa dijadikan tempat beristirahat pada malam hari selepas puas bermain di halaman rumah atau taman tempatnya beraktifitas di siang hari.

Tips memilih lkandang kelinci yang bagus

Ketika membeli kandang untuk kelinci peliharaan, terdapat beberapa factor pentinf yang harus di perhatikan misalnya;

Ukuran Kandang

Ukuran kandang haruslah disesuaikan dengan kelinci peliharaan dan seberapa besar ukuran maksimal kelinci anda nantinya jika anda memelihara kelinci sejak ukuran kecil.

Pilih ukuran tinggi yang sesuia agar kelinci tidak terbentur bagian atas kandang saat bergerak didalamnya. Kadangkala kelinci suka tiba-tiba berdiri untuk memeriksa sekitar kalau merasa terancam atau kaget. Jadi kalau ketinggian kandang terlalu rendah, bisa-bisa kepala kelinci terbentur dan terluka.

Kemudian luas kandang yang di hitung dari ukuran panjang dan lebar kandang, haruslah membuat kelinci nyaman untuk bergerak leluasa bahkan ketika ingin berbaring. Jangan lupa untuk memperhitungkan posisi tempat makanan dan minuman kelinci didalam kandang.

Apakah setelah meletakan wadah makanan dan minuman dalam kandang masih ada ruang yang cukup untuk kelinci bergerak leluasa.

Kemudian ketinggian dinding kandang harus juga diperhatikan untuk menjadi perlindungan bagi kelinci ketika suhu lingkungan kurang bersahabat bagi kelinci. Dinding inii juga bisa membuat kelinci merasa aman berada didalamnya.


Bahan Kandang

Banyak bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan kandang. Untuk kelinci kesayangan anda. Sebaiknya pilih kandang yang menggunakan jaring kawat dengan yang sederhana. Tidak banyak rajutan kawat dan sebisa mungkin ujung kawat kandang cukup aman dari jangkauan kelinci.


Lantai Kandang

Bagian bawah kandang harus memenuhi beebrapa kriteria tertentu. Alas kandang harus memiliki celah yang cukup luas untuk dilewati kotoran kelinci namun cukup nyaman bagikelinci untuk berpijak.

Lubang celah lantai kandang yang kecil/rapat mungkin akan membuat kelinci nyaman dan yakin untuk berpijak diatasnya tanpa khawatir kaki kelinci terperosok diantara lubang lantai kandang. Tapi jika terlalu rapat, kotoran kelinci mungkin susah untuk melewati celah lubang untuk jatuh ke penampung kotoran dibawahnya. Dan ini akan menyulitkan anda ketika ingin membersihkan kandang dan juga kurang sehat bagi kelinci peliharaan.

Sebaliknya jika jarak lantai kandang terlalu lebar, kaki kelinci mungkin akan sering terperosok di bawah dan mungkin saja terjepit diantara sela sela kawat lantai kandang.

Lantai kandang untuk kelinci bisa di custom sesuai dengan kebutuhan dan menyesuaikan dengan karakteristik kelinci peliharaan.

Dipasaran ada pilihan lantai kandang kelinci yang dapat di pilih sesuai dengan bahan nya. Ada yang terbuat dari kayu, plastic dan besi.

Bahan kayu untuk lantai kandang bisa dibilang aman bagi kelinci yang suka menggerogoti apa saja. Namun lantai kandang dari kayu agak susah di bersihkan jika terkena kotoran kelinci. Bahan kayu akan meninggalkan bercak dan harus dibersihkan dengan seksama dan dijemur agak lama untuk mengeringkannya dan menghilangkan bakteri atau kuman yang menempel dari kotoran kelinci setelah dicuci.

Bahan plastic memiliki banyak pilihan variasi bentuk, warna maupun desainnya. Alas kandang bahan plastic labih mudah dibersihkan dan dikeringkan setelah mencuci. Jadi lebih praktis dan menghemat tenaga serta waktu ketika anda membersihkan kandang.

Bahan besi atau logam sama seperti bahan plastic, mudah di bersihkan dan lebih bersih karena kotoran kelinci dapat melewati sela sela lubang alas kandang. Namun jika kelinci peliharaan anda suka menggerogoti kandang, alas bahan logam kurang nyaman bagi kelinci. Bahan logam juga agak kasar dan mungkin kurang nyaman bagi kaki kelinci.


Fitur Kandang

Kandang untuk kelinci baiknya memiliki fitur yang bisa memudahkan perawatan dan memberi kenyamanan bagi kelinci. Perhatikan posisi penempatan makanan dan minuman di dalam kandang apakah akan mengganggu gerak kelinci atau mudah tumpah saat kelinci bergerak.

Kemudian ada juga kandang yang dilengkapii roda sehingga mudah dipindahkan ketika perlu. namun kaki kandang beroda kadang harus di perhatikan kualitas rodanya. Kalau tidak, rodanya biasanya mudah rusak bila kualitasnya buruk.

Kemudian pintu kandang dan kunciannya termasuk juga kedalam fitur kandang yang perlu di perhatikan. Apakah memilih kandang dengan pintu bukaan atas atau bukaan samping dengan kunci yang mudah di buka. Termasuk juga pilihan konstruksi kandang yang bisa di knock down untuk proses pembersihan total secara berkala.

Fasilitas bermain dalam kandang mungkin bisa dipertimbangkan jika memiliki budget agak banyak. Ada kandang yang memiliki tingkat dua sehingga kelinci kesayangan bisa bereksplorasi dalam kandang.


Menjaga kebersihan kandang

Salah satu kewajiban pemilik hewan peliharaan adalah membersihkan kandang secara berkala. Kebersihan kandang sangat penting untuk menjaga kenyamana kelinci dan membuatnya tidak mudah sakit. Kesehatan kelinci peliharaan juga tergantung pada kondisi kandang yang selalu bersih. Aktifitas rutin membersihkan kandang ini bisa menyita waktu anda jika pemilihan kandang kurang tepat.

Oleh karrena itu pilih kandang yang menurut anda paling sesuai dan paling mudah bagi anda untuk di bersihkan.

Pilih kandang kelinci yang mudah di bongkar pasang, ini bertujuan agar anda dapat membersihkan kandang bagian per bagian secara detail dan menjemurnya.

Untuk penampung kotoran kelinci, pilihlah yang model tray agar mudah membersihkannya. Kotoran kelinci harus di bersihkan setiap hari. Penampung kotoran model tray mudah dibersihkan dengan menariknya keluar tanpa harus mengganggu kelinci peliharaan yang ada dalam kandang.

Agar praktis dan memudahkan proses pembersihan, beri lapisan tisu toilet diatas permukaan wadah agar memudahkan saat pembersihan.

Banyak pilihan kandang kelinci yang bisa dibeli dengan rentang harga bermacam-macam dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ada kalanya budget untuk pengadaan kandang harus terbentur dengan kebutuhan lainnya sehingga terpaksa harus membuat kandang sendiri untuk hewan peliharaan.

Itulah informasi mengenai tips memilih kandang kelinci yang bagus, semoga bermanfaat.