7 Hal yang perlu di perhatikan ketika membuat kandang sapi

Banyak pilihan untuk beternak, salah satunya adalah ternak sapi. Dan salah satu yang harus disediakan ketika memutuskan untuk beternak sapi adalah kandang.

Kandang sapi memerlukan area yang lumayan luas, meskipun hanya untuk beternak 1-2 ekor sapi saja.

Pekarangan rumah memang bisa di gunakan sebagai “tempat tinggal” sapi, namun dampak lingkungannya tentu harus sangat di perhatikan.

Kadang untuk urusan kandang ini akan sangat membingungkan apalagi bagi yang baru akan mulai usaha ternak sapi, mengingat kandang adalah salah satu investasi yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang bisnis ternak sapi kedepannya.

Desain kandang sapi bisa beragam tergantung jenis pengolahan ternak, gambar kandang sapi yang bagus bisa di temukan dari berbagai referensi baik yang dalam bentuk sketsa gambar kandang sapi atau berupa gambar kandang sapi.

Metode ternak sapi yang kemudian juga mempengaruhi apakah ingin membuat kandang sapi modern seperti di Eropa atau pakai kandang tradisional saja agar hemat budget.

kandang sapi
image by : https://www.flickr.com/photos/cjp24/5507070125

Untuk itu marilah kita simak bersama hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum membangun kandang sapi.

1. Jumlah Ternak

Sangat penting untuk mengetahui berapa jumlah sapi yang akan di ternak, hal ini tentu berkaitan dengan modal serta lahan yang dimiliki.

Dengan mengetahui perkiraan jumlah sapi yang akan di ternak maka estimasi biaya pembuatan kandang sapi bisa di perhitungkan sejak awal.


2. Pola Pemeliharaan

Peternak sapi memiliki beberapa pola pemeliharaan. Ada yang beternak sapi untuk pembesaran, ada yang penggemukan/pedaging, ada yang untuk produksi susu sehingga perlu kandang sapi perah, ada juga yang untuk pengembang biakan.

Jadi tujuan beternak sapi yang merujuk dari pola pemeliharaannya tersebut dapat mempengaruhi bentuk dan desain kandang apakah menggunakan kandang sapi modern atau kandang sapi tradisonal.


3. Sumber Makanan dan Minuman

Ini terkait lokasi kandang sapi yang akan dibangun, apakah terjangkau dengan sumber pakan dan air. Jikapun lokasinya agak jauh dari persawahan atau kebun mala perlu di pikirkan tranportasi untuk pengadaan pakannya.


4. Sumber air

Selain sumber air untuk minum, kandang sapi juga perlu air untuk membersihkan area kandang dan juga untuk memandikan sapi peliharaan. Pastikan sumber air bisa diakses dengan mudah


5. Dampak lingkungan

Sebaiknya upayakan kandang sapi tidak terlalu dekat dengan pemukiman penduduk. Aktifitas beternak sapi dapat mengganggu tetangga sekitar jika terlalu dekat dengan pemukiman.


6. Jangkauan 

Perhatikan akses jalan menuju ke kandang, apakah Kandang mudah di jangkau kendaraan atau setidaknya lebih mudah memobilisasi hewan ternak jikalau perlu di pindahkan, Saat panen misalnya.


7. Luas lahan

Usaha ternak sapi yang anda jalani nanti mungkin saja berkembang pesat dan perlu kandang yang lebih luas. Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan lahan yang luas, jadi jika sewaktu-waktu ingin memperluas kandang akan lebih mudah.


8. Limbah kotoran

Kotoran sapi bisa mengganggu jika tidak di bersihkan secara rutin. Perhatikan saluran pembuangan limbah apakah mudah untuk membersihkan dan membuangnya ke area yang aman (mis: ke sungai) atau di tampung terlebih dahulu untuk di olah menjadi pupuk sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar.


Itulah 8 hal yang peprlu di perhatikan ketika ingin membuat kandang sapi. Semoga bermanfaat.